Layanan PMB Jalur PMKAB

  1. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No. Komponen Uraian
1. Persyaratan Pelayanan 1.    Warga Negara Republik Indonesia;

2.    Warga Negara Asing dengan rekomendasi / ijin dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia;

3.    Lulus  SMU, SMK, MA atau yang sederajat;

4.    Umur maksimal 22 tahun, pada saat mendaftar;

5.    Berbadan sehat jasmani dan rohani;

6.    Foto copy raport kelas X s.d. XII;

7.    Surat Keterangan/Piagam/sertifikat prestasi non-akademik, minimal tingkat kabupaten;

8.    Rekomendasi dari Sekolah (Formulir disahkan oleh Sekolah).

2. Sistem, mekanisme, dan prosedur Prosedur Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMKAB

 

 

Keterangan :

1.      Panitia melakukan persiapan kegiatan berdasarkan Surat Keputusan Direktur tentang pengangkatan panitia penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan persiapan yang dilakukan meliputi :

–       Penentuan jadwal pendaftaran PMKAB (F-BAK-001)

–       Pembuatan surat undangan (F-BAK-002)

–       Pengumpulan alamat sekolah SLTA

–       Informasi Jadwal Pendaftaran PMKAB

2.      Panitia mengirim undangan kepada calon pendaftar melalui sekolah (SLTA) yang terdiri dari:

–       Surat Undangan PMKAB (F-BAK-002)

–       Formulir Pendaftaran PMKAB (F-BAK-003)

–       Informasi Pendaftaran PMKAB (F-BAK-004)

3.      Sekolah yang menerima undangan, mengumumkan informasi PMKAB memberikan Formulir Pendaftaran PMKAB kepada calon pendaftar.

4.      Calon pendaftar mengisi Formulir Pendaftaran, melampirkan fotocopy sertifikat/piagam yang dimiliki.

5.      Sekolah asal pendaftar mengesahkan berkas pendaftaran dan mengirim berkas pendaftaran kepada panitia PMKAB.  Pengiriman berkas pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif oleh sekolah asal atau secara perorangan oleh calon pendaftar.

6.      Panitia menerima berkas pendaftaran sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan kemudian dilakukan penginputan data pendaftaran ke dalam Data base Pendaftaran PMKAB (F-BAK-005)

7.      Panitia melakukan seleksi desk evaluation terhadap berkas yang diterima.  Seleksi dilakukan berdasarkan kuota yang tersedia pada setiap Program Studi yang disesuaikan dengan:

–       Minat yang dipresentasikan oleh program studi pilihan.

–       Kemampuan akademik yang dilihat dari Nilai Pelajaran/Angka Rapor.

–       Bakat yang dipresentasikan oleh sertifikat/piagam sebagai prestasi yang diterima dalam bidang akademik, olahraga atau seni.

8.      Panitia mengumumkan Hasil Desk Evaluation sesuai jadwal PMKAB yang telah ditentukan, meliputi:

–       Mengirim pengumuman kepada calon mahasiswa yang lulus melalui sekolah yang bersangkutan (F-BAK-006) dan kepada orang tua calon mahasiswa (F-BAK-007)

–       Hasil seleksi yang diumumkan adalah hasil seleksi bagi peserta PMKAB yang dinyatakan lulus dan undangan untuk melakukan tes wawancara (F-BAK-008)

9.      Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib mengikuti tes wawancara sesuai jadwal yang telah ditentukan.

10.   Panitia mengumumkan hasil seleksi PMKAB di papan pengumuman, media massa, dan website Politeknik Negeri Lampung (http://www.polinela.ac.id). Hasil tes yang diumumkan adalah hasil tes bagi peserta ujian yang dinyatakan lulus (F-BAK-009) dan informasi jadwal registrasi (F-BAK-010)

11.   Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi.

3. Jangka waktu penyelesaian 3 (tiga) bulan
4. Biaya/tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
5. Produk pelayanan Surat Keputusan Direktur tentang nama-nama yang diterima sebagai mahasiswa baru.
6. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan 1.   Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Direktur melalui Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistim Informasi (BAAKPSI)  Politeknik Negeri Lampung (Polinela).

Gedung A. Lantai 1. Kampus Politeknik Negeri Lampung,

No. Telepon : 0721-703995

email : pmb@polinela.ac.id

Alamat  : Jl. Soekarno-Hatta, No.10, Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. 35141

 

2.   Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung via:

Telepon   : 0721-703995 psw. 108

Faksimile : 0721-787309

Email       : humas@polinela.ac.id

  1. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)
No. Komponen Uraian
1. Dasar Hukum 1.      Undang-Undang Republik Indonesia nomor : 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional; (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003 nomor : 78, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia nomor : 4301).

2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik; (Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 112 tahun 2009 dan tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 5038 )

3.      Undang-Undang Republik Indonesia nomor : 12 tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi; (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2012 nomor : 158, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia nomor : 5336).

4.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

5.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009;

6.      Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2014 Tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal;

7.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan;

8.      Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Publik di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;

9.      Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

10.   Keputusan   Menteri   Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 140/O/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Lampung;

11.   Keputusan   Menteri   Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 092/O/2004 tentang Perubahan Nama Politeknik Pertanian Negeri Bandar Lampung menjadi Politeknik Negeri Lampung;

12.   Keputusan   Menteri   Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 008/O/2005 Junto nomor 53 tahun 2013 tentang Statuta Politeknik Negeri Lampung;

13.   Keputusan   Menteri   Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 340/MPK.A4/KP/2013 tentang Pengangkatan Direktur Politeknik Negeri Lampung;

14.   Keputusan Direktur Politeknik Negeri Lampung Nomor 397/PL15/KPTS/2014 tentang Peraturan Akademik dan Kedisiplinan Kemahasiswaan Politeknik Negeri Lampung;

2. Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas 1.    Komputer dengan akses internet

2.    Printer

3.    Telepon

4.    ATK

3. Kompetensi Pelaksana 1.    SDM yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan dan kebijakan di bidang penerimaan mahasiswa baru jalur PMKAB.

2.    Memahami sistem informasi akademik, baik secara manual maupun melalui jaringan internet (on line).

3.    Cakap dan komunikatif serta memiliki ketelitian, kecekatan, kesabaran, keramahan, dan integritas yang tinggi.

4. Pengawasan internal 1.    Supervisi atasan langsung

2.    Dilaksanakan secara kontinyu

3.    Konsistensi dalam memberikan  teguran dan sanksi

5. Jumlah pelaksana 7 (tujuh) orang
6. Jaminan pelayanan SK Direktur tentang Penerimaan mahasiswa baru jalur PMKAB dibuat secara cermat, transparan, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan.
7. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan SK Direktur tentang nama-nama calon mahasiswa baru jalur PMKAB yang dinyatakan lulus seleksi dijamin keabsahannya.
8. Evaluasi kinerja Pelaksana Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam satu tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *